Asrul Madra Salah Satu Korban Mengungkapkan Keburukan Pelayanan capil Halsel, Bupati Segera Bertindak Copot

Redaksi
0
Halmahera Selatan /Queen News.Co.Id/-Capil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Halmahera Selatan memainkan peran penting dalam memberikan layanan sangat buruk kepada seorang mahasiswa Desa Dowora Kec. Gane Barat Selatan Kabupaten Halmahera Selatan (HALSEL) Asrul Madra. 

Sebagai seorang mahasiswa, Asrul sangat bergantung pada layanan yang diberikan oleh Capil untuk mendapatkan dokumen penting seperti KTP, dokumen-dokumen ini sangat penting untuk berbagai keperluan, termasuk pendaftaran di lembaga pendidikan, melamar pekerjaan, dan urusan resmi lainnya."Ucapnya Asrul

Kini Asrul menyatakan Capil Halmahera Selatan lalai dalam melayani hal ini seakan-akan saya di sangajai oleh oknum tiga orang yang tercantum dalam foto tersebut. Karna kenapa saya menyatakan bahwa hari kamis 31/7/2025 oknum seorang ibu yang duduk di tengah sesuai gambar memberikan petunjuk untuk mengurus KTP. " Tambahnya 

Oknum seorang ibu yang duduk di tengah menyatakan Asrul harus dafatar dalam aplikasi Indentitas Kependudukan (IKD) terus saya mendaftarkan diri saya dalam aplikasi IKD Setelah itu saya sampaikan kepada mereka bahwa saya sudah mendaftarkan.

Setelah itu oknum seorang laki-laki yang enggang disebut namanya yang ada foto menayakan kepada saya Asrul sudah pernah barekam terus saya bilang sudah sejak masih SMK kelas 1 Dowora, langsung oknum seorang laki-laki langsung mencek data saya akhirnya keluar. 

Lebih lanjutnya lagi seorang oknum ibu menyampaikan kepada saya nanti besok hari jumat 1/8 datang tinggal ambe sajah dan Asrul datang sekitar pada pukul 14.00 WIB tibanya di capil saya menanyakan kepada yang bersangkutan kemudian KTP yang lama yang mereka tahan kemarin ilang padahal mereka menahan KTP saya untung saya memegang dua KTP kemudian saya memberikan KTP satu lagi kepada ibu yang di unjung terus saya suruh barekam ulang kemudian saya jelaskan bahwa kemarin itu data saya sudah di cek dan aslinya keluar karna saya sudah perna buat KTP saya datang ke kantor untuk buat perubahan fam karna berbeda dengan izasa sehingga saya datang untuk merubah fam tersebut.

Dan tanggapan dari ibu bahwa foto buram harus barekam ulang saya mendengar pernyataan dari ibu saya langsung melaporkan diri namum yang tukang barekam KTP meminta KTP kepada saya tiba-tiba saya langsung mencari ibu yang memegang KTP saya tetapi saya dijadikan harus yang terputar-terputar demi mencari ibu yang tadi memegang KTP saya setelah saya mendapatkan oknum seorang ibu itu dia langsung memberikan KTP kepada seorang perempuan untuk diberikan kepada tukang barekam saya kira ibu itu yang memberikan kepada tukang barekam.

Setelah saya selesai barekam langsung saya disuruh melaporkan diri kepada tiga oknum yang ada dalam foto namum respon dari mereka tidak melayani saya malahan mereka melayani masyarakat lainnya padahal saya sudah di janjikan hari ini tinggal di ambil KTP akhirnya hasil membuat saya kecewa saya menyampaikan kepada ibu yang duduk di tengah kapan KTP saya keluar saya sangat membutuhkan KTP karna mau mengurus berkas-berkas lain tetapi respon dari mereka Manytakan nanti tunggu sajah di luar langsung itu saya menunggu tetapi memakan waktu yang lama saya kembali masuk menanyakan ulang kemudian mereka hanya mengiraukan saya dan merasakan bahwa pelayanan capil Halmahera selatan sangat buruk. " Pungkasnya 

Memastikan bahwa siswa seperti menerima layanan yang tepat waktu dan efisien untuk memenuhi kebutuhan administrasi mereka. Karna KTP sangat dibutuhkan dalam pengurusan dunia kampus.

Asrul mengungkapkan bahwa Capil telah dilatih untuk membantu masyarakat dalam memperoleh dokumen yang diperlukan secara akurat dan tanpa penundaan. Padahal mereka juga memahami bagamaina pentingnya dokumen-dokumen ini dalam kehidupan para mahasiswa dan seharusnya mereka lebih memastikan bahwa prosesnya harus berjalan lancar dan tanpa hambatan namun yang terjadi dalam pelayanan capil Halmahera Selatan sangat buruk. 

Namun Asrul Madra Taputar-Taputar, seperti harus yang ada di laut, dikarenakan kinerja capil lebih khususnya tigak oknum. Seharusnya kinerja capil harus siap melayani masyarakat dalam pengurusan baik itu untuk memperbarui informasi pribadi, mengajukan dokumen baru, atau memperbaiki kesalahan dalam dokumen yang sudah ada, Capil siap membantu. Kantor ini dilengkapi dengan sumber daya dan teknologi yang diperlukan untuk menangani berbagai tugas administrasi secara efisien.

Selain menyediakan layanan yang berkaitan dengan dokumen pribadi, Capil juga berperan dalam memastikan keakuratan dan integritas data.
Hal ini penting bagi siswa seperti Asrul, karena menyangkut penetapan identitas dan status kewarganegaraan mereka. Dengan menjaga data yang akurat, Capil turut berkontribusi pada kesejahteraan individu dan kelancaran fungsi sosial secara umum.

Secara keseluruhan, Capil Halmahera Selatan memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan layanan namum hal ini membuat Asrul madra seorang mahasiswa seperti Asrul Madra taputar-putar dalam kantor.

Seharusnya kinerja capil harus menyediakan layanan yang efisien dan dapat diandalkan, kantor ini membantu siswa memenuhi kebutuhan administratif mereka serta memastikan dokumen mereka akurat dan selalu diperbarui. Asrul dan siswa lainnya dapat mengandalkan Capil untuk mendapatkan dukungan dan bantuan yang diperlukan dalam menjalani proses administrasi dengan efektif.

Asrul madra berharap kepada Bupati Halmahera Selatan Hasan Ali Bassam Kasuba dan Helmi Umar Muchsin, agar mengevaluasi kinerja capil Halmahera selatan karna pelayanan dari mereka membuat masyarakat pusing dan lebih khususnya seorang mahasiswa." Tutupnya 


Said Jumat 

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!